Sabtu, 12 April 2008

PDO...IN ACTION

Akhirnya PDO ( Pelatihan Dasar Organisasi ) Imilkom pertama berhasil dilaksanakan. Tepatnya tanggal 20 s/d 22 Maret 2008 di kampus tercinta Ilmu Komputer tepatnya di ruang Fortran training ini dilaksanakan. Training Pengembangan kualitas mahasiswa di lingkungan Civitas Ilmu Komputer S-1 ini merupakan yang pertama selama 6 tahun Ikatan Mahasiswa S1 Ilmu Komputer berkiprah ditengah-tengah pergerakan mahasiswa Sumatera Utara. Kegiatan ini mulai dibuka pendaftarannya pada tanggal 15 Maret hingga 19 Maret 2008 dan dari pendaftaran tersebut tersaring 20 orang peserta dengan asumsi 4 orang dari angkatan '07 dan 16 orang dari angkatan '06. Memang kegiatan ini hanya ditujukan kepada angkatan '06 dan '07 saja sebab selain efisiensi peserta, team instruktur merasa kalau angkatan tersebut lebih mudah dibentuk untuk menjadi kader untuk suksesi IMILKOM berikutnya. Kegiatan ini dilaksanakan 3 hari dengan hari pertama teman2 peserta diberikan materi mengenai orientasi kegiatan dan materi Mahasiswa dan perubahan diselingi dengan games yang memotivasi peserta. Selanjutnya pada hari ke-2, materi yang diberikan adalah Manajemen Diri Pribadi dan Leadership yang asyik punya. Peserta diharuskan membuat lifemap (peta Kehidupan) untuk 10 thn ke depan dan harus mempresentasikannya. Gambar di atas adalah presentasi dari Suharsono mengenai rancangan hidupnya 10 tahun ke-depan. Pada sore harinya, peserta mengikuti games leadership yang oke dan seru punya. Games seperti Bola Amanat, Lintasan Sungai Deli dan Lilin waktu memberikan pengalaman baru bagi para peserta untuk memahami arti penting menumbuhkan semangat leadership dalam diri sendiri dan di tengah-tengah kelompok.

Gambar di atas menunjukkan ke-2 kegiatan tersebut, asyik kaannn...
Dan hari ke-3 pun tiba. Disinilah puncak dari semua kegiatan selama 3 hari. Materi yang disungguhkan cukup berat. Mengenai Manajemen Organisasi berikut Implementasinya. Acara ini memakan waktu yang cukup lama karena peserta diharuskan mengimplementasikannya dalam bentuk action plan seperti membentuk kelompok,merancang manajemen org. yang baik hingga bagaimana mencari dana untuk mengisi kas organisasi. Hanya sayangnya kegiatan akhir ini tidak diikuti semua peserta. Ada sekitar 4 orang peserta tidak ikut karena berbagai halangan. tapi acara ini tetap seru dan berjalan dengan baik. Lihatlah bagaimana serunya saat mereka merancang organisasi dan mencari dana organisasi mereka dengan modal sebuah pisang...:)



Menantang bukan.... dan di sinilah kita dapat melihat sejauh mana materi selama 3 hari ini dapat diserap peserta dengan baik.



Dilanjutkan dengan presentasi yang seru dan penuh pertanyaan serta interupsi. Sayang banget bagi yang gak datang.... gak ada kenangan yang asyik dan seru...
Akhirnya, acara ini ditutup dengan perkenalan IMILKOM dalam Ke-Imilkom-an yang dibawakan oleh sdr.Sekum. Maklum, ketua gak datang, padahal seharusnya ketua yang menerangkan. Selain itu, pengurus senior juga tidak datang sehingga acara yang harusnya diselingi dengan testimoni dan sharing ditiadakan karena ketidak hadiran mereka.
SUKSESSSS....... mudah-mudahan Acara PDO ini tidak berhenti disini saja dan semoga para alumni PDO I IMILKOM dapat memberikan kontribusinya bagi suksesi dan menjadikan Imilkom sebagai wadah untuk menelurkan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat baik akademik dan non-akademik khususnya pada mahasiswa ILkom dan Masyarakat umumnya.
SELAMAT BUAT PARA ALUMNI PDO I DAN KITA BERTEMU KEMBALI DI PDO II. BERSIAP-SIAPLAH BUAT TEMAN-TEMAN YANG BELUM MENGIKUTI PDO....!!!!



























Tidak ada komentar: